Donor Darah PPIT Harbin

Oleh: Satrianawati

Kegiatan donor darah yang dilakanakan pada hari Sabtu 14 April 2018 diikuti oleh 19 orang dengan 18 orang mahasiswa Indonesia dan 1 orang mahasiswa dari Tanzania. Ketua Pelaksana kegiatan ini adalah Nurfilah Insani.

Pelaksanaan kegiatan dimulai pada pukul 09.30 sampai 12.30. Peserta yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini memiliki antusiasme yang cukup tinggi. Kegiatan donor darah dimulai dengan pengisian formulir yang berisi nama, tempat tanggal lahir, nomor paspor, status untuk mengetahui sudah nikah atau belum. Selain itu, suster dan dokter memberikan pertanyaan khususnya kepada para wanita tentang kondisi menstruasi yang dialami. Ini sangat penting karena wanita yang sedang menstruasi dan hamil tidak diperbolehkan mendonorkan darah. Selanjutnya setelah mengisi formulir dokter dan suster melakukan pengecekkan darah, dengan cara mengambil sampel darah kira kira sebanyak tiga sampai empat tetes. Kemudian darah tersebut dimasukkan dalam mesin pengecek darah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui kondisi perlu tidaknya seseorang mendonorkan darah. Karena dari pengecekan akan diketahui kondisi pendonor. Selanjutnya setelah dilakukan pengecekan maka suster dan dokter melakukan pengambilan darah. Setelah pengambilan darah tangan kemudian diperban dan sebaiknya dibuka setelah 4 jam. Jangan membuka sebelum 4 jam karena dikhawatirkan darah akan keluar. Hal ini terjadi pada 1  orang peserta yang merasa kondisinya sudah baik setelah 2 jam. Kemudian dia membuka perban, tiba2 darah muncrat keluar. Untungnya kejadian ini masih di tempat pengambilan darah, sehingga suster dan dokter langsung mengambil tindakan darurat.

Dalam kegiatan ini sebanyak 8 orang peserta mendonorkan darahnya sebanyak 400mL dan yang lainnya mendonorkan 200mL. Jumlah 200mL sekaligus standar minimal yang mesti didonorkan. Dalam kegiatan donor darah ada beberapa peserta yang tidak dapat mendonorkan darahnya, dikarenakan beberapa hal, yaitu: kurang tidur dan kurang mengkonsumsi protein tinggi misalnya daging. Hal ini diketahui pada awal pengecekan darah. Oleh karena itu, jika Anda ingin melakukan donor darah perlu kiranya memperhatikan beberapa hal berikut:
1) tidak dalam kondisi menstruasi atau hamil
2) cukup tidur dan teratur waktu tidur. minimal 1 minggu sebelum melakukan donor darah Anda memiliki kebiasaan tidur minimal 8 jam sehari.
3) mengkonsumsi protein dalam jumlah banyak. Telur dan daging
4) tidak dalam kondisi tekanan darah rendah maupun tekanan darah tinggi

Selain hal tersebut, Anda tidak perlu takut: 1) Kehabisan darah: karena darah yang Anda keluarkan tidak akan membuat Anda kehabisan darah. Jadi, jangan takut kehabisan darah 400mL karena masih termasuk dalam kategori yang bisa dikeluarkan oleh manusia. 2) Jarum suntik: Jarum yang digunakan sangat aman dan tidak membuat Anda luka parah.

Bagaimana kondisi pendonor setelah melakukan donor darah?  ini penting diketahui bagi semua orang yang ingin mendonorkan darahnya. Ada yang merasa pusing setelah melakukan donor darah. Namun hal itu dapat dengan mudah diatasi dengan minum susu dan suplemen yang diberikan oleh dokter. Disisi yang lain setelah melakukan donor darah, tubuh terasa lebih ringan dan mudah dalam melakukn aktivitas yang lain.

Selamat Mencoba!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *