NongBar (Nongkrong Bareng) PPIT Harbin

Oleh: Satrianawati

Nongkrong bareng sambut maba merupakan kegiatan PPD PPIT Harbin yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Ketua pelaksana kegiatan Amelia Siswanto bersama para panitia lain telah membuat kesan yang baik dalam pelaksanaan acara ini. Tujuan pelaksanaan kegiatan ini yang utama adalah agar Mahasiswa baru yang datang ke Harbin tidak merasa sendiri.

Dimulai dari perancangan hingga pelaksanaan kegiatan berjalan dengan sangat baik. Acara yang dilaksanakan pada Malam Minggu 17 Maret 2018 memberikan kesan kepada semua mahasiswa yang hadir, bahwa malam Minggu kali ini engkau tak sendiri tetapi engkau punya mereka “keluarga” PPIT Harbin di sini.  Pelaksanaan acara dimulai sejak pukul 17.30 tetapi ada juga yang hadir pukul 18.00 dikarenakan mereka yang muslim masih harus menunaikan sholat Maghrib terlebih dahulu dan keadaan ini sangat ditoleransi oleh mahasiswa non muslim. Sesuai dengan semboyan NKRI “Bhineka Tunggal Ika yang artinya berbeda-beda tetapi satu jua.

Ada banyak kesan yang diambil dari acara ini misalnya saja saya sebagai penulis, sebenarnya untuk sampai ke tempat tujuan cukup dengan naik bus. Tetapi karena pentingnya acara ini dan tidak ingin melewatkan waktu bertemu dengan mahasiswa baru, sehingga lebih memilih naik taksi dari Hashida ke tempat acara sehingga dapat bertemu dengan waktu yang tepat.

Selain itu, ada kesan yang menarik sebelum dimulainya acara kegiatan, dimana ketua PPIT Harbin Kak Samuel Gilbert mesti menjemput mahasiswa dari HMU (Harbin Medical University) untuk sampai ke tempat acara. Dan tentunya masih banyak cerita dari mahasiswa yang lain.

Ada banyak hal positif yang dapat diambil dari acara malam ini. Bukan makanannya tapi lebih kepada kebersamaan yang diciptakan. Saya ingin menegaskan kembali Indonesia bermacam suku dan budaya dan berbeda agama, tetapi kerukunan, kebersamaan, sikap saling membantu merupakan budaya Indonesia yang sangat kental. Itulah mungkin kesan yang tak ternilai yang dapat kita ambil. Intinya kekeluargaan dan kebersamaan menjadi hal yang diprioritaskan di kepengurusan PPIT Harbin. Teman lama berkumpul dan menjalin keakraban satu sama lain.

Dari beberapa gambar yang nampak malam ini terlihat bahwa semua mahasiswa antusias dan menikmati setiap momen dan kebersamaan. Lanjut cerita, dalam pelaksanaan kegiatan makan bersama mahasiswa yang ditargetkan mengikuti acara ini hanyalah 25 orang. Tetapi karena antusiasme dari mahasiswa dalam penyambutan mahasiswa baru, target melewati kapasitas atau kuota yang direncanakan. Dimana panitia hanya memesan tiga meja dalam pelaksanaan acara ini. Tapi karena banyaknya mahasiswa yang hadir sehingga ditambah 1 meja lagi dengan banyak tambahan kursi. Keadaan seperti ini langsung ada kegiatan gayung bersambut dari “Mas Talenta kepada Mbak Amelia Siswanto untuk segera melakukan penambahan meja. Ketua pelaksana panitia lainnya langsung segera menghubungi pihak restoran.

Mahasiswa yang hadir dalam acara ini sebanyak 37 mahasiswa dengan peserta yang terakhir datang adalah Pak Jerry dan Pak Jun Harbi. Sehingga kursi diselipkan untuk mereka di meja tiga. Sedangkan meja empat sebagai tambahan yang dimaksudkan adalah mahasiswa HMU yang dijemput oleh ketua PPIT.

Malam semakin larut kebersamaan tetap terjaga. dan kini tibalah saat berpisah dimana semua mahasiswa yang hadir mesti pulang ke dorm masing-masing. Sebelum pulang, diadakan foto bersama di depan restoran. Inilah foto-fotonya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *