Pro Evolution Soccer di Harbin

by Bagus Bhirawa Putra


Malam itu, di stadion Camp Nou, sang juara bertahan Barcelona sedang memasuki lapangan, ditemani gemuruh penonton yang semakin membuat para pemain bersemangat menjelang pertandingan. Lawan yang yang dihadapi adalah tim juara liga Inggris yaitu Manchester United yang pada malam itu datang datang ke markas Barcelona dengan kekuatan penuh dan semangat juang tinggi untuk menjadi juara. Setelah 90 menit pertandingan berjalan wasit meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir, akhirnya seperti yang telah diperkirakan sebelumnya, sepasang gol dari Lionel Messi membawa FC Barcelona unggul atas Manchester United FC. Inilah sedikit cerita pada pertandingan Final Liga Champions Eropa musim 2007/2008, yang bagi para penggemar sepakbola adalah pertandingan yang sangat bersejarah, khususnya bagi para fans FC Barcelona.

Pada tanggal 30 November 2013, final antara kedua tim tersebut akhirnya terulang kembali, dan tidak kalah serunya jika dibandingkan dengan Final sebelumnya. Namun jika final pertama adalah pertandingan Liga Champions Eropa, ternyata di final kedua ini adalah kompetisi PES atau Pro Evolution Soccer yang diselenggarakan oleh Perhimpunan Pelajar Indonesia Tiongkok atau PPIT Cabang Harbin melalui divisi olahraga & kepemudaan yang bertempat di Harbin Institute of Technology. Para perserta kompetisi ini kesemuanya adalah pelajar Indonesia di Harbin, dan mereka sangat antusias mengikuti kegiatan semenjak babak penyisihan sampai akhirnya terpilih 2 finalis.

Kompetisi PES ini pun semakin meriah dengan kehadiran suporter dari masing-masing peserta yang meneriakkan yel-yel dukungan dan tepuk tangan meriah, apalagi jika tercipta sebuah gol. Akhirnya tibalah final yang ditunggu-tunggu, pertandingan antara Irwan Tantoso mewakili tim FC Barcelona melawan Albert Giovanni menggunakan tim Manchester United FC. Sepertinya Dewi fortuna masih berpihak pada FC Barcelona, dimana pertandingan yang seru ini berkesudahan dengan skor akhir 2-1 untuk Irwan Tantoso. Di tempat ketiga, Suryanto Darmawan yang bermain mewakili Bayern Munchen berhasil menundukan perlawanan Adi Dharma yang bermain dengan Arsenal FC.

Keakraban dan sportivitas antar peserta sangat terasa pada hari itu, namun hal ini tidak mengurangi rivalitas pada saat bertanding. Selain Kompetisi PES ini, PPIT Harbin masih akan mengadakan kegiatan-kegiatan positf lain kedepannya. Kegiatan ini dilangsungkan agar pelajar di Indonesia dapat menyalurkan bakat dan hobi masing-masing serta menyeimbangkan antara kegiatan studi dan aktifitas lainnya.

One thought on “Pro Evolution Soccer di Harbin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *